Simson Ade Suseno
Artikel ini saya angkat dikarenakan banyaknya audience yang menanyakan tentang bagaimana solusi MYOB untuk mencatat pembayaran utang perusahaan kepada supplier yang banyak pengurangan seperti :
  • Perusahaan memotong Potongan Pembelian yang memang diberikan oleh supplier sesuai dengan termin pembelian yang disepakati.
  • Perusahaan memotong Pajak Penghasilan Pasal 23 atas jasa yang kita beli
  • Perusahaan memotong biaya transfer bank karena kita membayarnya melalui transfer. atas biaya transfer tersebut dibebankan kepada supplier.
Berikut ilustrasi kasusnya :
Dalam contoh ilustrasi diatas diasumsikan kalau kita sudah membeli sesuatu jasa dari CV Berkah Mandiri, dimana jasa tersebut terkena PPN dan merupakan Object PPh 23 sebesar 2%. Selain itu kita juga memperoleh diskon dikarenakan membayar utang tersebut masih dalam masa potongan sebesar 2%.
Penyelesaiannya sbb :
1. Pastikan Setup Link Account untuk Purchase Link Account dari menu Setup – Link Accounts – Purchase Link Account dan sudah diisi seperti berikut ini :
2. Catat dari menu Purchases – Pay Bills. isikan seperti urutan nomor yang tampil pada gambar dibawah ini.
3. Setelah transaksi Pay Bill dibuat dan di Record. Selanjutnya Edit transaksi pencatatan total potongan dari MYOB dan ubah sesuai dengan jenis-jenis pemotongan yang dilakukan dengan cara membuka menu Transaction Journal – Purchase – tetapkan tanggal transaksi pemotongan seperti berikut ini :
Label: ,