Simson Ade Suseno

Tujuan utama dari akuntansi untuk persediaan adalah pencocokan biaya yang tepat terhadap pendapatan untuk sampai pada penentuan yang tepat dari pendapatan periodik, dan representasi akurat dari persediaan di tangan sebagai aset dari entitas pelaporan pada tanggal laporan keuangan posisi.

Di bawah sistem akuntansi, laporan keuangan harus sepenuhnya diartikulasikan (yaitu, laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi dihubungkan bersama secara mekanis).

Dan, untuk mencapai tujuan, account akan perlu untuk merekam setiap peristiwa-terkait tunggal untuk persediaan, dalam hal ini-sepanjang siklus persediaan: Bahan baku diterima, bahan baku pindah ke garis produksi, barang jadi pindah ke gudang barang jadi , keusangan, dicuri, dan barang jadi terjual habis atau dipindahkan ke gudang lain.

Jadi di sini kita pergi dengan entri jurnal ...


Bahan Baku Persediaan

1. Menerima bahan baku - Ketika bahan baku diterima berarti persediaan bahan baku meningkat juga. Jadi, setelah menghitung dan mencocokkan dengan jumlah pesanan pembelian, Anda akan merekam "Penerimaan Barang" entri, sebagai berikut:

[Debit]. Inventarisasi-Bahan Baku = xxx
[Kredit]. Hutang = xxx

(Catatan: xxx adalah jumlah kuantitas aktual yang diterima Anda dapat mengganti 'hutang' dengan 'uang' jika itu adalah transaksi tunai.).


2. Pindah bahan baku untuk lini produksi - Ketika bahan baku keluar dari gudang-biasanya dengan garis produksi, berarti bahan baku menurun. Di sisi lain, menggeser bahan baku untuk bentuk baru dari persediaan yang akan berlokasi di garis produksi, yang disebut "WIP-Work Dalam Persediaan Proses". Jadi untuk acara ini, Anda akan membuat catatan berikut:

[Debit]. WIP-Work Dalam Persediaan Proses = xxx
[Kredit]. Inventarisasi-Bahan Baku = xxx



3. Mengatur persediaan bahan baku - Beberapa bahan mungkin rusak / usang, beberapa mungkin kehilangan (dicuri) waktu demi waktu. Risiko tersebut tidak dapat dihindari. Mengacu pada prinsip konservatisme, Anda akan perlu untuk membuat cadangan untuk risiko tersebut. Melestarikan dalam hal ini berarti Anda pengisian biaya di muka. Jadi untuk mempersiapkan itu, Anda akan perlu untuk membuat akun cadangan, atau Anda mungkin ingin membuat beberapa laporan rincian lebih lanjut dan cara yang lebih mudah untuk menelusuri di masa depan. Berikut adalah entri jurnal Anda akan perlu untuk membuat:

Untuk bahan baku usang:
[Debit]. Harga Pokok Penjualan = xxx
[Kredit]. Usang Bahan Baku Cadangan = xxx

Untuk bahan baku dicuri:
[Debit]. Harga Pokok Penjualan = xxx
[Kredit]. Dicuri Bahan Baku Cadangan = xxx

ATAU; membuat cadangan tunggal:
[Debit]. Harga Pokok Penjualan = xxx
[Kredit]. Cadangan Bahan Baku = xxx



Jadi, ketika usang aktual atau kerugian (karena dicuri) yang terjadi, Anda akan membuat sebuah entri penyesuaian sebagai berikut:

[Debit]. Cadangan Bahan Baku = xxx
[Kredit]. Persediaan Bahan Baku = xxx

Kasus yang sama dapat terjadi pada Kerja WIP-In Inventarisasi Proses. Dan, langkah yang sama diperlukan untuk mencerminkan dalam buku ini, kecuali bahwa Anda harus mengganti "Bahan Baku" dengan "WIP-Work In Process".

Dalam setiap proses manufaktur, limbah yang tak terelakkan. Dan, Anda akan perlu untuk mencerminkan kerugian dalam buku dengan membuat jurnal berikut dalam periode berjalan:

[Debit]. Harga pokok penjualan = xxx
[Kredit]. WIP-Work Dalam Persediaan Proses = xxx


Persediaan Barang Jadi

1. Barang Jadi Persediaan Diterima - persediaan barang jadi dapat datang dari dalam garis-perusahaan produksi (saat itu adalah perusahaan manufaktur), atau dari luar perusahaan-barang jadi dibeli (ketika itu adalah perusahaan / perdagangan eceran). Di mana pun asalnya, persediaan barang jadi meningkat dan harus tercermin dalam buku ini. Jadi, Anda akan membuat entri berikut:

Barang jadi berasal dari garis produksi:

[Debit]. Barang Jadi Persediaan = xxx
[Kredit]. WIP-Work Dalam Persediaan Proses = xxx

Barang jadi berasal dari luar perusahaan (barang jadi dibeli):

[Debit]. Barang Jadi Persediaan = xxx
[Kredit]. Hutang = xxx

(Catatan: xxx adalah jumlah kuantitas aktual yang diterima Anda dapat mengganti 'hutang' dengan 'uang' jika itu adalah transaksi tunai.).



2. Barang Jadi Dikirimkan Out - Ada dua kemungkinan alasan untuk pengiriman keluar persediaan barang jadi: dijual atau dipindahkan ke lokasi gudang lainnya. Entah itu dikirim ke pelanggan (dijual) atau pindah ke lokasi gudang lainnya, pasti akan mengurangi persediaan barang jadi dan harus tercermin pada buku. Jadi, berikut adalah entri jurnal Anda perlu membuat:

Persediaan Barang jadi dijual:

[Debit]. Piutang = xxxx
[Kredit]. Penjualan = xxx
[Kredit]. Penjualan Hutang Pajak = x
(Catatan:. Hal ini untuk mencatat penjualan dan pajak penjualan 'xxxx' adalah jumlah penjualan ditambah pajak penjualan, 'xxx' merupakan jumlah penjualan saja, 'x' adalah jumlah pajak penjualan)

DAN;

[Debit]. Harga Pokok Penjualan = xxx
[Kredit]. Barang Jadi Persediaan = xxx

(Catatan:. Ini adalah mencatat penurunan barang jadi 'xxx adalah jumlah biaya)



3. Barang Jadi Persediaan Penyesuaian - Barang persediaan bisa menjadi usang atau dicuri, dan antisipasi risiko, Anda akan perlu untuk cadangan. Untuk melakukan itu, Anda perlu membuat entri berikut:

[Debit]. Harga Pokok Penjualan = xxx
[Kredit]. Barang selesai Cadangan = xxx

Jadi, ketika usang aktual atau kerugian (karena dicuri) yang terjadi, Anda akan membuat sebuah entri penyesuaian sebagai berikut:

[Debit]. Barang selesai Cadangan = xxx
[Kredit]. Barang Jadi Persediaan = xxx

Seperti apa yang Anda lakukan pada persediaan bahan baku, Anda mungkin ingin memisahkan 'usang' dengan 'dicuri' juga untuk memudahkan kendali dan analisis di waktu mendatang.


Penghitungan Fisik Persediaan Penyesuaian

Akuntansi untuk persediaan dilakukan di bawah baik periodik atau sistem perpetual. Dalam sistem persediaan periodik, kuantitas persediaan ditentukan secara berkala oleh perhitungan fisik. Jumlah sehingga ditentukan kemudian harga sesuai dengan metode biaya yang digunakan. Harga pokok penjualan dihitung dengan menambahkan persediaan awal dan pembelian bersih (atau harga pokok produksi) dan mengurangkan persediaan akhir.

Atau, sistem persediaan perpetual terus berjalan total kuantitas (dan mungkin biaya) dari persediaan di tangan dengan mencatat semua penjualan dan pembelian yang terjadi. Ketika persediaan dibeli, akun persediaan (bukan pembelian) didebit. Ketika persediaan dijual, biaya pokok penjualan dan pengurangan persediaan dicatat.

Jumlah fisik periodik penting, namun-setidaknya untuk memenuhi peraturan pajak (peraturan pajak mengharuskan pemeriksaan persediaan fisik harus dilakukan, setidaknya setiap tahun). Kemungkinan besar, Anda akan menemukan variasi-sebenarnya kuantitas vs kuantitas yang direkam. Dan, Anda akan perlu untuk membuat kedua sangat cocok, berarti Anda akan perlu untuk menyesuaikan rekor baik atas atau bawah.

Entri berikut mengasumsikan bahwa terdapat kenaikan saldo persediaan:

[Debit]. Bahan baku persediaan = xxx
[Debit]. Kerja-di-proses persediaan = xxx
[Debit]. Barang jadi persediaan = xxx
[Kredit]. Harga pokok penjualan = xxx

(Catatan: Jika ada penurunan saldo persediaan, maka debit dan kredit dibalik.)


Penyesuaian Persediaan Entri Spesifik

Seperti saya uraikan dalam kata pengantar dari posting ini: pertama, HPP dan biaya lainnya dalam Laporan Laba Rugi harus terkait erat dengan 'di tangan' saldo persediaan pada Neraca yang harus mewakili nilai riil dari aset yang sebenarnya. Namun, untuk beberapa alasan, kadang-kadang, Anda mungkin menemukan nilai persediaan Anda telah direkam menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasar. Untuk mencapai tujuan, Anda perlu membuat entri penyesuaian berikut:

[Debit]. Kerugian Penilaian Persediaan = xxx
[Kredit]. Persediaan Bahan Baku = xxx
[Kredit]. WIP-Work Dalam Persediaan Proses = xxx
[Kredit]. Barang Jadi Persediaan = xxx
Label: