Simson Ade Suseno
Masa yang sulit menuntut kita untuk bisa membentuk pribadi yang kokoh. Tertulis jelas kisah seseorang dalam lembaran hidupnya. Meski terkadang kita tak menyadarinya bahwa setiap kejadian adalah sebuah pembelajaran, baik itu yang buruk atau yang baik.

Pribadi yang luhur tercipta akibat budi pekerti dan pemahaman dari sebuah pengalaman. Banyak contoh pembelajaran dari kehidupan sehari-hari yang dapat kita petik. Asal kita dapat memahaminya niscaya kita akan memiliki pribadi yang baik dan luhur.

Kisah ku tentang hari

Hari ini aku ceritakan sebuah perjalanan panjang. Tak ada batas untuk sebuah pembelajaran. Selagi kita mau kita masih bisa belajar, belajar tidap dibatasi oleh usia. Kisahku pernah kandas aku pernah karam dalam kegalauan.

Meski sampai kisah ini aku tulis aku belum juga menemukan arti sesungguhnya tertang hidup ini. Berhari-hari aku telaah pribadi diri tapi masih belum juga kutemukan potensi diri dalam hidupku. Aku bingung betapa sulitnya untuk memahami diri sendiri. Aku pun sangsi apakah aku mampu memahami potensi orang lain jika untuk memahami potensi dalam diri sendiri aku pun tak mampu. Inilah kisahku ynag tak tau akan makna diri sendiri.